Tags

, , , , , ,

Om Swastiastu,,

Tips Fotografi Menggunakan Ponsel.

Tips Fotografi Menggunakan Ponsel.

    Di postingan ini saya akan memberikan tips fotografi menggunakan ponsel. Tips ini saya ketahui ketika membaca tabloid Sinyal edisi 170. Bukan berarti meng-copypaste, tapi ingin sekedar berbagi🙂 … Karena saya juga ingin lebih belajar lagi tentang dunia fotografi. Kenapa kamera ponsel? Karena salah satu kelebihannya adalah dari segi kepraktisannya yang bisa dibawa kemana – mana.

     Oke,, langsung saja kita lihat tipsnya🙂 …

  • Cahaya Yang Cukup

     Agar foto bagus, diperlukan cahaya yang cukup. Ukuran sensor ponsel lebih kecil dari pada sensor kamera digital DSLR. Ini karena kompromi terhadap ruang yang juga kecil dan agar harganya terjangkau. Makin kecil sensor, makin sedikit cahaya yang ditangkap. Artinya, foto akan banyak noise (bintik-bintik) yang menggangu. Makin banyak cahaya yang diterima objek, gambar akan semakin jelas dan terang. Tapi hindari cahaya langsung ke lensa kamera, karena gambar akan mendapat cahaya berlebih di satu bagian, dan terlalu gelap di bagian lain.

  • Pilih Kualitas Tertinggi

     Di semua smartphone pasti ada pilihan untuk menyesuaikan resolusi foto (pixel) dan kualitasnya (Fine). Ada ukuran maksimal, ada juga pilihan untuk upload di web, dan yang terkecil untuk dikirim via email. Pilih kualitas tertinggi yang ada. Sebuah foto bisa saja terlihat bagus di layar ponsel, tapi jika dilihat di komputer atau ingin dicetak, detil foto bisa menghilang.

  • Stabilkan Ponsel

     Ponsel mudah menghasilkan foto yang kabur (blur), bisa karena posisi tangan pemotret bergoyang sedikit saja. Jika ada fitur image stabilization, akan cukup membantu. Agar stabil, pegang ponsel dengan dua tangan dan dekatkan ke badan. Bisa juga taruh ponsel di posisi yang stabil atau sandarkan ke meja, lalu potret objek dengan timer.

  • Hukum Tiga Bagian

     Hukum ini berupa garis panduan yang biasanya sudah ada di kamera. Kalau pun tak ada, ada banyak aplikasi yang bisa membantu. Saat terlihat garis saling menyilang, letakkan titik utama objek disitu. Cara sederhana ini bisa membuat foto terlihat lebih baik.

  • Panorama

     Jika ada mode panorama, pakai saja ketika akan memotret pemandangan. Kalau pun tak ada, tambahkan aplikasi panorama. Foto panorama akan terlihat sangat menarik karena bisa menggambarkan pemandangan yang luas dengan jelas. Kamera digital pun jarang yang punya fitur panorama ini.

  • Makro

     Kini sudah banyak ponsel yang punya fitur makro, meskipuan kualitasnya berbeda. Agar tahu karakter mode makronya, coba berkali-kali sampai mendapatkan jarak yang pas. Banyak objek yang menarik jika dipotret sangat dekat. Pastikan cahaya mencukupi agar warna tampil cemerlang. Foto makro yang baik akan terlihat tajam di objek utama dan kabur (blur) di sekelilingnya.

  • Edit Foto

     Jangan pasrah dengan hasil foto yang seadanya. Edit, potong bagian yang tak perlu dan tambahkan filter yang bervariasi, agar foto lebih hidup, lebih berwarna dan tidak monoton.

     Oke, itulah tips fotografi menggunakan ponsel. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu berfoto🙂 …

Om Santhi Santhi Santhi Om …